Search This Blog

Tuesday, December 4, 2018

Makalah Algoritma Pemrograman tentang Bahasa Pemrograman dan Materi Pascal


Makalah

Algoritma Pemograman

Tentag

Bahasa Pemograman dan Materi Pascal





Oleh

Nama                           : Ella Oktarina

NIM                            : 1614040021



Dosen Pembimbing:

Irwan S.Pd.I, M.Pd



JURUSAN TADRIS MATEMATIKA (A)

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)

 IMAM BONJOL PADANG

1439 H / 2018 M

  BAB I    
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Komputer dapat mengerjakan tugas-tugas yang bervariasi karena komputer dapat diprogram. Komputer dirancang untuk mengerjakan pekerjaan yang sesuai program-program yang diberikan kepadanya. Pemrograman berkaitan dengan aspek ilmu pengetahuan berkaitan dengan ilmu taknik karena jarang sekali program dapat berjalan baik saat program pertama kali ditulis. Seorang perogramer harus  menguasai bahasa yang dimiliki oleh komputer seperti bahasa pascal. Bahasa tersebut merupakan cara komputer supaya bisa memahami apa yang diperintahkan karena komputer tidak paham bahasa indonesia, sehingga programerlah yang harus menyusaikan dengan komputer. Bahasa komputer mempunyai aturan-aturan yang harus diikuti.
B.  Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian bahasa pemrograman?
2.    Apa saja jenis bahasa pemrograman?
3.    Apa sejarah bahasa pascal?
4.    Bagaimana strukur bahasa pascal?
5.    Apa saja menu dalam bahasa pascal?

C.  Tujuan Masalah
1.    Untuk mengetahui pengertian bahasa pemrograman
2.    Untuk mengetahui saja jenis bahasa pemrograman
3.    Untuk  mengetahui sejarah bahasa pascal
4.    Untuk mengetahui strukur bahasa pascal
5.    Untuk mengetahui menu dalam bahasa pascal

BAB II
PEMABAHASAN

A.   Bahasa Pemrograman
Bahasa atau dalam bahasa Inggris disebut  language adalah suatu sitem untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis dengan menggunakan simbol yaitu (natural languages), diman komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer. Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan perintah-program-yang telah dibuat oleh pemrogram. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh komputer, berstruktur tertentu (syintax) dan bermakna.
Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer. Berbeda dengan bahasa alamiah, misalnya bahasa indonesia, inggris, dan sebagainya yang merupakan bahasa alamiah, syintax dan semantik bahasa pemrograman (komputer) ditentukan secara kaku, sehingga bahasa pemrograman juga disebut dengan bahasa formal. Dalam bahasa pemrograman yang digunakan sebagai alat komunikasi untuk memberikan perintah kepada komputer tidak berlaku kebebasan berekspresi seperti layaknya dalam bahasa alamiah.
Pemrograman dalam pengertian luas meliputi seluruh kegiatan yang tercakup dalam pembuatan program, termasuk analisis kebutuhan dan keseluruhan tahapan dalam perencanaan,  perancangan, dan perwujudannya. Dalam pengertian sempit pemrograman merupakan pengkodean (coding atau program writing = penulisan program) dan pengujiannya berdasarkan rancangan tertentu. Generasi bahasa pemrograman:
1.      Generasi I: machine language
2.      Generasi II: assembly language:  Assembler
3.      Generasi III: high level programing language: C, PASCAL, dan sebagainya
4.      Generasi IV: 4 GL (fourth-generation language): SQL
Adapun jenis bahasa pemrograman komputer yaitu:
a.    Bahasa Tingkat Rendah
Merupakan bahasa assembly atau bahasa mesin. Bahasa ini lebih dekat ke mesin (hardware), dimana pada high-level programing languages, suatu bahasa yang telah dekat pada bahasa manusia.
b.    Bahasa Mesin
Merupakan representasi tertulis machine code (kode mesin) yaitu kode operasi suatu mesin tertentu. Bahasa ini bersifat khusus untuk mesin ytertentu dan “dimengerti” langsung oleh mesin, sehingga pelaksanaan proses sangat cepat. Abstraksi  bahasa ini  adalah kimpulan kombinasi biner “0” dan “1” yang sangat tidak alamiah bagi kebanyakan orang kecuali insinyur pembuat mesin komputer. Bahasa mesin disebut bahasa tingkat rendah.
c.    Bahasa  Assembly
Merupakan notasi  untuk menyajikan bahasa  mesin yang lebih mudah dibaca dan dipahami oleh bahasa manusia. Bahasa ini  sudah menggunakan simbol alfabet yang bermakna (mnemonic). Contoh “MOVAX 1111”, pindahkan ke register AX 1111. Proses data oleh komputer berdasarkan perintah bahasa rakitan adalah cepat. Bahasa rakitan juga bersifat khusus untuk mesin tertentu, contoh Assembler.
d.     Bahasa Tingkat Tinggi
Adalah bahasa pemrograman yang dekat dengan bahasa manusia, kelebihan utama dari bahasa ini adalah mudah untuk dibaca, tulis, maupun diperbaharui, sebelum bisa dijalankanprogram harus terlebih dahulu di-compile. Bahasa tingakt tinggi bersifat portable. Program yang dibuat menggunakan bahasa tingka tinggi pada suatu mesin komputer bersistem operasi tertentu, hampir 100% bisa digunakan pada berbagai mesin dengan aneka sistim operasi.
e.    Bahasa Generasi 3 & 4
Biasanya dipakai untuk mengakses data base. Contoh perintah pada bahasa SQL: FIND ALL RECORDS WHRE NAME IS “JHON”.[1]
B.  Materi Pascal
1.    Sejarah Bahasa Pascal
Bahasa PASCAL pertama kali dikembangkan pada awal tahun 70-an oleh Niclaus Wirth di Technical University, Zurich – Swiss. Nama Pascal diambil dari nama seorang ahli matematika bangsa Perancis, yaitu Bleise Pascal, yang telah berjasa menemukan alat hitung mekanis pertama di dunia pada abad ke-17. Bahasa pemrograman ini termasuk kategori “High Level Language”. Instruksi-instruksi yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini sangat sistematis dan terstruktur.
Pada Awalnya bahasa pemrograman ini diperkenalkan dengan tujuan untuk menjelaskan masalah pemrograman komputer bagi mahasiswa yang belajar pemrograman komputer. Ternyata dalam waktu singkat, bahasa pemrograman ini menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dikalangan universitas, sehingga menjadi julukan sebagai bahasa universitas. Mulai dari awal perkembangannya hingga saat ini banyak sekali jenis bahasa pemrograman ini, masing-masing merupakan hasil pengembangannya, antara lain : UCSD Pascal, Microsoft Pascal, Apple Pascal, Turbo Pascal, dan lain sebagainya.
2.    Menu dalam Pascal
a.    File (Alt-F)
1)   Load / Pick : untuk mengambil program yang sudah ada di disk kerja.
2)   New : untuk membuat program baru.
3)   Save : untuk menyimpan program.
4)   Write to : untuk merekam program ke suatu file.
5)   Directory : untuk menampilkan directory.
6)   Change dir : untuk mengganti direktory yang aktif.
7)   OS Shell : untuk menjalankan perintah-printah DOS.
8)   Quit : mengakhiri turbo Pascal dan kembali keprompt DOS.
b.    Edit (Alt-E)
Digunakan untuk keperluan memperbaiki program.
c.    Run (Alt-R)
Digunakan untuk menjalankan program yang ada dijendela edit.
d.     (Alt-C)
Digunakan untuk mengkompilasi program. Destination Memory (disimpan di memory). Destination Disk (disimpan di disk dengan ext EXE).
e.    Options (Alt-O)
Digunakan untuk mengatur/menentukan kembali bagaimana F1-help, F2 Save F3-new file, F4-import data, F9-expand, F10-contract dan Esc-exit integrated environment bekerja.
f.     Debug dan Break/Watch (Alt-D & Alt-B)
Digunakan untuk melacak program.mengaktifkan Debug & Break/Watch.
3.    Struktur Program Pascal
Secara ringkas, struktur suatu program Pascal dapat terdiri dari :
a.         Judul Program
Judul program ini digunakan untuk memberi nama program dan sifatnya optional. Jika ditulis harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma (;). Contoh penulisan judul program: PROGRAM latihan; PROGRAM latihan (input,output); PROGRAM lat_1; PROGRAM lat_satu(output);
b.        Tubuh Program
Tubuh program dibagi menjadi dua bagian utama yaitu, Bagian deklarasi dan bagian pernyataan atau terproses.
1)   Bagian Deklarasi
Bagian ini menjelaskan atau memperkenalkan secara rinci semua data yang akan digunakan pada suatu program. Dalam penulisannya tidak boleh sama dengan kata-kata cadangan (reserved words) dan selalu diakhiri dengan titik koma (;).
Bagian deklerasi terbagi menjadi deklarasi label, deklarasi konstanta, deklarasi tipe, deklarasi variabel/perubah,  deklarasi prosedur, deklarasi fungsi. Deklarasi label digunakan Jika pada penulisan program akan menggunakan statemen GOTO (untuk meloncat ke suatu statement tertentu). Deklarasi konstanta digunakan untuk mengidentifikasikan data yang nilainya sudah ditentukan dan pasti, tidak dapat dirubah dalam program. Deklarasi tipe digunakan untuk menyebutkan tipe setiap data yang akan digunakan pada program Pascal. Tipe data menentukan jangkauan nilai yang mungkin dari data yang digunakan. Deklarasi variabel atau peubah berisi data-data yang bisa berubah-ubah nilainya di dalam program. Deklarasi variabel harus di letakkan setelah deklarasi tipe (jika ada). Deklarasi prosedur dan fungsi yaitu program dapat dibagi menjadi beberapa bagian/subprogram, yang terdiri dari satu program utama dan satu / lebih program bagian (bisa berupa prosedur /fungsi). Deklarasi prosedure/ fungsi terletak pada subprogram yang menggunakannya.

BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
 Pemrograman dalam pengertian luas meliputi seluruh kegiatan yang tercakup dalam pembuatan program, termasuk analisis kebutuhan dan keseluruhan tahapan dalam perencanaan,  perancangan, dan perwujudannya. Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer. Adapun jenis bahasa pemrograman yaitu pada tingkat rendah, bahasa mesin, bahasa assembly, bahasa tingkat tinggi, bahasa generasi 3 & 4, dan bahasa pemrograman untuk tujuan tertentu.

B.  Saran
Dari makalah ini penulis berharap kepada pembaca, dapat memberikan kritik dan saran dalam pembahasan makalah ini. Agar makalah ini menjadi lebih baik dan dapat digunakan sebagai bahan penambahan wawasan dan pengetahuan yang lebih bermanfaat untuk orang lain.


DAFTAR PUSTAKA
Suprapto. Bahasa Pemrograman Untuk SMK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2008.



[1] Suprapto. Bahasa Pemrograman Untuk SMK. (Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta. 2008). Hlm. 47-49.





No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

Makalah Pengembangan Kurikulum tentang Evaluasi Kurikulum